img

SAKIT MAAG? HINDARI 5 MAKANAN DAN MINUMAN INI

Penyakit maag mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Terlebih apabila memiliki pola makan yang tidak teratur dan mengonsumsi makanan yang sembarangan. Apabila sedang kambuh, penyakit maag tentu dapat membuat siapa saja tak nyaman. Maag sendiri ditimbulkan karena adanya peradangan dalam lapisan perut yang dapat menghasilkan rasa nyeri pada perut. Pada umumnya, penyakit maag memiliki gejala seperti rasa mual, perut kembung, gangguan pencernaan, muntah-muntah, hingga hilangnya nafsu makan.

 

Penyakit satu ini memang sangat identik dengan gaya hidup yang kurang sehat. Penyakit maag banyaknya dialami oleh orang-orang yang sering menunda-nunda waktu makan, doyan mengonsumsi makanan pedas, minuman asam, minuman berakohol, hingga merokok. Maka dari itu, para pengidap maag harus lebih memerhatikan hal-hal tersebut agar dapat terhindar dari nyerinya gejala maag.

 

5 Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Penderita Sakit Maag

Selain memiliki jadwal makan yang teratur, penderita penyakit maag tentu lah harus lebih selektif pada makanan dan minuman yang dikonsumsi. Pasalnya, memang ada beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari oleh penderita sakit maag agar gejala maag tidak kambuh dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebagai upaya pencegahan, hindari lah 6 makanan penyebab maag berikut ini:

 

Makanan pedas

Makanan pedas memang tak diragukan lagi dapat menggugah selera makan. Namun bagi penderita sakit maag, makanan pedas menjadi salah satu makanan yang harus dikurangi, bahkan dihindari, apalagi jika perut dalam keadaan kosong. Zat yang terkandung dalam cabai dapat memperlambat sistem pencernaan, yang mana dapat meningkatkan risiko asam lambung naik dan akhirnya memperburuk kondisi lambung. Apabila makanan pedas dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, maka akan memicu iritasi kerongkongan.

 

Makanan lemak tinggi

Meskipun lemak dibutuhkan oleh tubuh, namun mengonsumsi terlalu banyak makanan atau minuman yang tinggi lemak dapat memicu gejala penyakit maag. Pasalnya, makanan atau minuman yang tinggi lemak dapat membuat iritasi pada lapisan lambung hingga memicu asam lambung naik ke kerongkongan. Dan ketika asam lambung naik ke kerongkongan, biasanya terdapat gejala nyeri di dada seperti terbakar. Makanan atau minuman yang mengandung lemak tinggi contohnya adalah bawang goreng, kentang goreng, kue, es krim, dan lain sebagainya.

 

Kopi

Kopi menjadi salah satu minuman yang tidak baik untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak bagi para penderita maag. Bahkan sebaiknya hindari lah produk kopi agar tidak memicu gejala penyakit maag. Pasalnya, kopi mengandung kafein yang dapat melemahkan otot katup kerongkongan bawah yang berujung pada meningkatnya produksi asam lambung dan teririsnya lapisan permukaan lambung, yang juga berarti mengganggu pencernaan dan memicu nyeri pada perut.

 

Soda

Selain kopi, soda dan minuman berkarbonasi lain juga bukan minuman yang baik untuk dikonsumsi para penderita penyakit maag. Pasalnya, minuman bersoda dapat meningkatkan produksi asam lambung. Bahkan, kebanyakan minuman bersoda memiliki kandungan kafein yang dapat memperburuk gejala penyakit maag. Maka dari itu, soda menjadi salah satu minuman yang harus dihindari oleh penderita maag.

 

Sayuran yang mengandung gas

Kendati mungkin sayuran baik bagi tubuh, namun ada beberapa sayuran yang baiknya dihindari oleh penderita maag. Contohnya adalah sayuran yang mengandung banyak gas di dalamnya, seperti kol, brokoli, asparagus, dan lain-lain. Selain itu, hindari juga sayuran mentah dan sulit dicerna, seperti halnya bawang-bawangan dan tomat. Sayuran-sayuran di atas dapat merangsang gejala penyakit maag.

 

Itulah beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita maag. Meski memang tidak dapat mengobati sakit maag, namun makanan dan minuman di atas dapat mencegah kambuhnya gejala penyakit maag.

 

All Comments:

Your Comment: